chitika


Kami Obatak.com berkomitmen untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya dan adat istiadat Batak. Adalah suatu kebanggaan bagi kami untuk dapat menjaga dan melestarikannya meskipun hanya melalui sebuah website, kiranya ini dapat membantu dan menggerakkan hati dan pikiran kita untuk tetap dapat melestarikan dan menghargai budaya peninggalan para leluhur kita yang sangat kaya dan tak ternilai. Aku bangga jadi Orang BATAK.
Pelantikan pengurus PSBI cabang Yogyakarta

Pelantikan pengurus PSBI cabang Yogyakarta


Pesta akbar adat Batak Bolon serta rakernas Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia (PSBI) akan digelar pada Juli 2017 mendatang.

Dalam rangka menghadapi acara tersebut, jajaran pengurus PSBI di DIY dan Jawa Tengah, menggelar konsolidasi sekaligus pelantikan pengurus baru periode 2017-2022 di Yogyakarta, Senin (24/4).

Ketua Umum PSBI Effendi MS Simbolon hadir untuk melantik 5 pengurus PSBI cabang Yogyakarta, Solo, Semarang, Pekalongan, dan Brebes.

Effendi MS Simbolon mengatakan PSBI merupakan perkumpulan keluarga besar marga Bolon, yang didirikan­ untuk mewarisi adat ­istiadat batak.

“Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia merupakan perkumpulan atau paguyuban marga Batak Simbolon yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Berdiri sejak 10 ta­hun silam, PSBI memiliki sekitar 300 ribu anggota yang tersebar di sebanyak 106 wilayah di berbagai daerah di Indonesia.

PSBI ini memiliki anggota yang terdiri dari berbagai lintas agama, baik itu Kristen, Katolik, maupun Islam yang selalu menjunjung toleransi dalam menjalankan setiap kegiatannya.

Pesta akbar adat Batak Bolon diperingati setiap 5 tahun sekali, sebagai bentuk rasa syukur masyarakat Batak pada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia yang diberikan dalam suka maupun duka.

Salah satu nya adalah pesta Horja, yang biasanya dilakukan dengan membawa kerbau sebagai simbol rasa syukur atas kesuburan tanah.

"Hal semacam ini perlu diangkat kembali karena ketahanan masyarakat adat menjadi akar sekaligus pondasi kebhinekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Terlebih Presiden juga telah sangat menekankan agar selalu menghargai memberi peran besar pada masyarakat adat karena merupakan kekuatan bangsa," kata anggota DPR RI itu

sumber : www.jppn.com
Read More
Polisi Toba

Polisi Toba

Polisi Toba bukan dimaksudkan sebagai aparat Polisi yang bertugas di Tobasa. Tapi sebutan (maaf) olok-olok para suami di warung kopi Batak untuk sang istri. Kenapa di sebut Polisi Toba, karena katanya sering ‘menggeledah’ isi dompet sang suami sekaligus ‘menyita’. Tentu saja tanpa pakai “Berita Acara Pemeriksaan”.

Jangan salah. Polisi Toba bukan cuma sebutan bagi para suami2 yang tergabung dalam Aliansi Suami Takut Istri (ASTI) saja. Bahkan preman-preman yang di takuti di terminal pun banyak yang tunduk pada Polisi Toba di rumah.


sumber : https://tobakartun.wordpress.com
Read More
FALSAFAH BATAK

FALSAFAH BATAK

Falsafah jika diartikan secara umum adalah sebuah pandangan hidup atau pedoman hidup atau juga bisa dikatakan sebagai tujuan hidup.

Dalam suku batak falsafah berguna sebagai pandangan hidup atau pedoman hidup dan juga sebagai tujuan hidup dalam kehidupan baik dalam berperilaku, bermasyarakat dan berkeluarga.

beberapa kesimpulan falsafah batak yang dijadikan sebagai pandangan dan tujuan hidup adalah :

Mardebata atau disebut BerTuhan
Mardebata atau ber Tuhan artinya bahwa suku batak memiliki dan mempercayai adanya Tuhan yang menciptakan manusia, langit dan bumi yang harus disembah dan dihormati dengan cara-cara yang telah ditetapkan. Di suku batak hal ini sudah ada sejak zaman dahulu sebelum agama kristen (yang mempercayai Yesus sebagai Tuhan) masuk yang disebut percaya kepada debata mula jadi na bolon (parmalim). Dan saat ini suku batak rata-rata menganut agama kristen.

Marpinompar atau disebut Berketerunan
artinya bahwa manusia itu hidup harus memiliki keturunan sebagai penerus, apalagi marga yang dimiliki orang batak harus diturunkan melalui anak laki-laki. Sehingga orang batak sangat mengharapkan keturunannya laki-laki sebagai penerus marga.

Maradat atau disebut Adat Istiadat
artinya memiliki adat istiadat dalam kehidupan bermasyarakat. Dalihan Na Tolu inilah yang menjadi dasar adat istiadat batak dalam menentukan posisi dan kedudukannya dalam suatu adat istiadat maupun dalam kehidupan bermasyarakat sehingga setiap orang perlu tahu posisinya sebagai apa dan dimana melalui mertutur (menerangkan hubungan kekeluargaan atau kekerabatan melalui marganya).

Jika dipisah maka kata maradat terdiri dari 2 yaitu mar dan adat. Mar yang berarti melakukan sedangkan adat adalah aturan. Jadi jika digabungkan menjadi adat istiadat yaitu aturan-aturan atau larang-larangan dalam lingkungan adat maupun dalam upacara adat.

Karena dalam adat istiadat inilah akhirnya lahir aturan-aturan, larangan-larangan dan kesepakatan-kesepakatan. Sehingga aturan-aturan, larangan-larangan dan kesepakatan-kesepakatan adalah dasar musyawarah masyarakat karena masyarakat Batak bukanlah suku yang berbentuk kerajaan-kerajaan.

Falsafah Batak dalam bentuk ungkapan

Sebagai bentuk kemajuan suku batak, muncullah pemikiran-pemikiran yang pada akhirnya dapat dijadikan sebagai pandangan hidup karena kesadaran suku batak bahwa hidup bukannlah saat ini saja tetapi adalah masa yang akan datang sehingga para nenek moyang batak mengambil berbagai filosopy alam antara lain air, binatang, tanah, tumbuhan dll. Yang mungkin menurut pengamatan para nenek moyang batak bahwa dari situ dapatlah diambil intisari atau jalannya kehidupan.

Ungkapan-ungkapan ini menjadi falsafah yang jika direnungkan memiliki makna yang sangat mendalam sehingga dapat dijadikan sebagai pandangan hidup

















Read More
Hukuman Pancung di Desa Siallagan

Hukuman Pancung di Desa Siallagan

zaman dulu ada sebuah desa bernama Desa Siallagan. Di Desa ini terdapat seperangkat batu dan meja sebagai tempat persidangan yang dipakai oleh raja-raja Batak di Samosir, di antaranya Raja Sidabutar, Raja Siallagan dan Raja Sidauruk untuk menyidang warga yang melakukan kesalahan; baik ringan mau pun berat.


Kesalahan ringan itu kayak mencuri kambing, lembu, kerbau, jagung, ayam atau ngintip orang mandi (mulai ngaco). Biasanya penjahat amatiran kayak gini di hukum mengganti kerugian 5 kali lipat dari hewan/hasil panen yang dicuri atau di suruh kerja sosial tanpa di gaji. Ishh langsung kebayang pasti jaman dulu itu di Samosir gak ada sampah sama pencuri ya.

Sementara kejahatan berat itu seperti memperkosa, membunuh, menjadi mata-mata, penghianat atau penjahat perang dan musuh bebuyutan dari Medan perang. Untuk penjahat-penjahat kayak begini raja akan memanggil tetuah adat. Para raja melakukan sidang dengan memanggil pengetua kampung, dukun, pangulubalang (bodyguard) dan keluarga pelaku.

Nah tetua adat bakalan nyari hari yang paling sip buat mancung si penjahat. Selama masa menunggu itu, si penjahat bakalan di pasung dan dijaga ketat oleh pangulubalang. Rata-rata penjahat jaman dulu kan sakti-sakti , mereka juga punya ilmu hitam, jadi emang mesti di jaga ketat.

Trus gimana dong ngelepasin ilmu hitamnya? secara ya penjahat-penjahat ini sakti banget, mereka akan dibawa ke meja persidangan dan mungkin bakalan dijampi-jampi sama dukun baru deh di pancung. Tukang pancung haruslah sakti mandraguna juga, plus harus memiliki pedang yang sangat tajam, karena untuk yang berilmu hitam salah satu syaratnya mesti dipancung dengan satu kali tebasan. Kalo gak mempan maka si tukang pancung yang mesti dipancung juga. Serem banget kan yaa hiiiii


meja tempat penjahat di pancung





diperankan model nih acara di pancung



coba deh liat wajah ibu di belakang para model, taruhan dia udah nonton becandaan model kayak beginian ribuan kali hehe, ampe mukanya bosen gitu.




Setelah di eksekusi/pancung kepala, maka kepala bakalan di gantung 3 hari di pintu masuk kerajaan dengan maksut untuk orang-orang di sekitar bisa mengenali wajah tersebut sekalian ketakutan biar gak melakukan sesuatu bodoh. Rasanya presiden perlu memberlakukan hukuman ini untuk semua koruptor dan tukang perkosa di Indonesia ya. Tubuhnya akan dipersembahkan di Danau Toba, katanya sih selama 7 hari masyarakat gak boleh mandi atau menggunakan air danau untuk menghindari pengaruh ilmu hitam.

Cerita lain lagi katanya nih sebelum di pancung maka tubuh akan di iris-iris di bagian lengan mula-mula akan menyayat lengan tawanan dengan pisau kecil dan menyiramnya dengan perasan air limau.
Saat tawanan menjerit-jerit kesakitan, ini diartikan segala ilmunya telah hilang. setelah itu, tawanan dibedah hidup- hidup, diiringi sorak-sorai. Perutnya di belah, diambil isinya dan dibagikan kepada penduduk untuk segera dimakan.

Dengan perut menganga dan hampir mati, tawanan dipapah menuju batu pancungan. Dalam satu kali ayunan parang, kepala tawanan harus putus. Kalau gagal, kepala sipemancung yang akan dipenggal. Itu sebabnya sipemancung harus berpengalaman dan parangnya harus tajam. Kepala tawanan dan daging dari mayatnya dicincang dan dimask dengan daging kerbau, lalu dihidangkan di atas meja eksekusi untuk disantap oleh Raja. Darahnya digunakan sebagai pencuci mulut, sedangkan tulang belulangnya dibuang ke danau Toba.

Aaaaaa….saya yang denger langsung pengen meringis kepedihan.

Saksi sejarah lainnya, ditemukannya pohon hariara yang sudah berusia 400 tahun, berlokasi di dekat kursi batu persidangan.

Eksekusi terakhir terjadi kira-kira tahun 1860, sebelum kedatangan misionaris Ingwer Ludwig Nommensen, yang berhasil memahami adat serta bahasa setempat., akhirnya merubah masyarakat Batak termasuk di Ambarita, menjadi penganut kristen yang taat dan menghapus ritual kanibalisme ini. Sebelumnya, misionaris lainnya selalu gagal dan justru berakhir di batu eksekusi. (info wisata nasional).

Serem yaa hehe, kalo sekarang sih udah gak gitu lagi koq  Orang Batak dan keturunan raja-raja didaerah sini udah berubah dong. Eksekusi terakhir itu terjadi tahun 1860 setelah datangnya misionaris yang membawa ajaran agama kristen ke Pulau Samosir.

sumber : nonikhairani.com
Read More
Pultak-Pultak

Pultak-Pultak


Tahukah anda, dari semua struktur tanaman ciplukan tersebut dapat membantu mengobati penyakit yang bisa di kategorikan dalam penyakit berat. Namun banyak orang yang selama ini memandang sebelah mata tanpa mengetahui khasiat obat tradisional tersebut, dan hanya merasakan buahnya yang manis saja tanpa mengetahui khasiat mujarab dari batang, daun dan akarnya. Zat bermanfaat dalam tanaman ciplukan terdiri dari :
  • vitamin C , gula, fisalin, tanin, kriptoxantin, polifenol dan steroid terletak pada buahnya
  • Asam palmitat, stearat terletak pada biji buahnya.
  • flavonoid dan saponin terletak pada daun dan tunas
  • alkaloid terletak pada akarnya
  • chlorogenic acid terletak pada batang dan daun
Selain zat bermanfaat di atas masih ada zat lainya seperti asam malat, asam sitrun, dan H2o yang semua zat- zat tersebut dapat membantu kesehatan tubuh anda. Jika anda penasaran apa saja khasiat serta manfaat tanaman ciplukan? simak sajian berikut ini di mulai dari :

Manfaat Akar tanaman ciplukan (Pultak-Pultak)
  • Mengobati penyakit diabetes melitus,

cara menyajikan sebagai obat tradisional sebagai berikut

  • pilih tanaman yang sudah berbuah dan berumur, cabut tanaman tersebut dan ambil bagian akarnya kemudian bersihkan, sebelum di rebus, ada baiknya diamkan beberapa saat akar ciplukan tersebut sampai menjadi layu. Kemudian rebus akar ciplukan dengan 3 gelas air bersih, tunggu sampai rebusan tersebut benar benar mendidih dan hanya tersisa satu gelas saja. Berikutnya ambil air yang tersisa dan saring hingga bersih dari akar, minum satu kali sehari dan lakukan secara rutin.

Manfaat buah ciplukan

– Mengobati penyakit ayan/ epilepsi
Jika anda atau anggota keluarga ada yang mengidap penyakit berbahaya ini, ada baiknya mengkonsumsi sekitar 8 sampai 10 butir setiap harinya, kandungan pada buah ciplukan dapat membantu mengatasi ayan secara berkala.

– Menurunkan darah tinggi
Khasiat buah ciplukan lainya adalah sebagai obat tradisional yang dapat membantu menurunkan darah tinggi/ hipertensi. Cara penyajian: ambil buah ciplukan sebanyak 5 gram saja, rebus dengan air sebanyak 110 ml selama kurang lebih 10 samapai 15 menit sambil terus di aduk. setelah sampai waktu yang di tentukan, saring air rebusan dan dinginkan sejenak kemudian minum 2 kali sehari. Hal yang perlu di ingat adalah janganlah terlalu lama menyimpan karena akn mengurangi bahkan menghilangkan senyawa yang ada.

-Mengobati sakit paru- paru
Khasiat lainya adalah membantu mengobati penyakit paru- paru, namun kali ini bukan hanya buahnya saja, melainkan semua struktur pada tanaman mulai dari akar, daun, bunga, batang dan buah rebus sampai mendidih dengan air sebanyak 3 sampai 5 gelas saja, dan seperti sebelumnya saring kemudian minum secara rutin 3 X sehari.

Manfaat daun ciplukan
– Mampu melawan kanker
wow, hal yang sangat luar biasa, menurut beberapa penelitian kesehatan, steroid pada daun dan buah ciplukan bisa membantu melawan dan membunuh sel- sel ganas yang tumbuh dalam tubuh. Dan study tersebut juga menyatakan bahwa ekstrak tanaman ciplukan dapat mengecilkan ukuran tumor kanker.

Itulah tadi Khasiat Buah Ciplukan Untuk Obat Tradisional Herbal Mujarab yang perlu anda ketahui, secara garis besar tanaman ciplukan berfungsi sebagai antibakteri, antivirus, antihiperglikemi, imunostimulan, imunosupresan , antiinflamasi, analgesik, sitotoksik, antiinflamasi, antioksidan, analgesik, dan sitotoksik, meredakan batuk, menetralkan racun serta mengaktifkan kembali fungsi kelenjar tubuh dan anti tumor. hal yang sangat luar biasa, menurut beberapa penelitian kesehatan, steroid pada daun dan buah ciplukan bisa membantu melawan dan membunuh sel- sel ganas yang tumbuh dalam tubuh. Dan study tersebut juga menyatakan bahwa ekstrak tanaman ciplukan dapat mengecilkan ukuran tumor kanker.

Itulah tadi Khasiat Buah Ciplukan Untuk Obat Tradisional Herbal Mujarab yang perlu anda ketahui, secara garis besar tanaman ciplukan berfungsi sebagai antibakteri, antivirus, antihiperglikemi, imunostimulan, imunosupresan , antiinflamasi, analgesik, sitotoksik, antiinflamasi, antioksidan, analgesik, dan sitotoksik, meredakan batuk, menetralkan racun serta mengaktifkan kembali fungsi kelenjar tubuh dan anti tumor.

Sumber: http://ayuarifahharianja.blogspot.com/2014/11/khasiat-buah-ciplukan-alias-pultak.html
Read More
Khasiat Daun Pirdot Obat Diabetes

Khasiat Daun Pirdot Obat Diabetes

PIRDOT, sebuah nama yang cukup aneh mungkin bagi kita semua. Pirdot itu adalah nama tanaman liar yang tumbuh di dekat aliran air atau ditempat lembab/teduh. Pirdot ini berbentuk pohon namun memiliki dahan yang gampang patah. Daunnya berukuran lebar dan memiliki dua sisi warna yang berbeda. Sisi daun bagian atas berwarna hijau, dan sisi daun bagian bawah berwarna kecoklatan. Pirdot memiliki buah kecil yang jika sudah matang dapat dimakan. Buah yang matang akan berisi lendir bening dan biji-biji kecil halus (seperti biji dalam buah naga). Sewaktu kecil admin menyebut buah Pirdot ini dengan buah ingus (mommon) karena lendir yang ada dalam buahnya :) Nama lain dari Pirdot ini di daerah desa Girsang sering disebut dengan GARUAN.


Nah.. sudah tau ciri-ciri tanaman Pirdot kan? Tanpa diduga ternyata daun tanaman Pirdot ini memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang dapat diobati menggunakan daun Pirdot ini dan sudah banyak yang membuktikannya adalah penyakit DIABETES (Penyakit Gula). Banyak orang datang dari kota ke daerah Girsang dan Sipangan Bolon (desa diseputaran Parapat) untuk mencari tanaman ini. Tanaman ini sangat jarang ditemukan karena hanya tumbuh di daerah-daerah tertentu. Beruntung sekali tanaman Pirdot ini banyak ditemukan di daerah Girsang Sipangan Bolon.


Cara menjadikan daun Pirdot ini menjadi obat, pertama-tama daunnya harus dikeringkan terlebih dahulu. Rebuslah 7 lembar daun Pirdot yang telah kering tersebut dalam wadah yang berisi 3 gelas air. Rebuslah daun tersebut sampai air yang tersisa tinggal satu gelas, lalu ademkan dan konsumsi. Lakukan 2 kali sehari, pagi dan sore. Dengan rutin mengkonsumsi air rebusan daun pirdot yang sudah dikeringkan, kadar gula dalam tubuh anda akan normal kembali. Jika kadar gula sudah normal, ada baiknya anda memperhatikan pola makan anda dengan mengurangi makanan yang mengandung gula. Selain memperhatikan pola makan, tetaplah rajin berolahraga.

Artikel ini admin tuliskan berdasarkan cerita dari seorang penderita Diabetes yang menggunakan daun Pirdot ini untuk menormalkan kadar gula darahnya. Tapi perlu admin tekankan, pastikan anda mengambil daun Pirdot yang asli, sebab ada tanaman yang mirip juga dengan ini. Tanaman yang mirip ini disebut dengan "Bulung ni Motung" (Daun Motung). Daun Motung ukurannya lebih lebar dan buahnya menyerupai buah Kecapi (Sotul), jadi jangan sampai salah ambil. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca

sumber : http://www.parapatnews.com
Read More
Ihan Batak yang hampir Punah

Ihan Batak yang hampir Punah

Jenis yang mana sebenarnya yang disebut Ikan Batak itu? Kalau ditanyakan pertanyaan ini kepada orang Batak mungkin saja jawabannya berbeda-beda karena orang Batak sendiri sudah banyak yang tidak tau dan bahkan tidak perduli dengan yang disebut Ikan Batak.


Kekurangtahuan itu ternyata mengakibatkan penamaan Ikan Batak secara umum di dunia ikan di Indonesia berbeda dengan Ikan Batak yang dimaksud oleh orang Batak kebanyakan. Dari kalangan yang banyak berkecimpung dibidang perikanan terutama ikan air tawar baik dari instansi pemerintahan maupun perorangan dalam bentuk upaya pembibitan dan pembesaran mengenal Ikan Batak adalah dari genus ‘Tor’.
Inilah ihan batak yang hampir punah jenis Neolissochilus Thienemanni
Ikan Batak yang dikenal secara umum di dunia perikanan dari genus Tor, memang tampilannya mirip dengan ‘ihan’ genus Neolissochilus, dan memang berasal dari keturunan yang sama yaitu Family Cyprinidae. Secara morfology memang sulit untuk membedakan antara genus Tor dan genus Neolissochilus, bahkan boleh dikata ada kemiripan bentuk dengan jenis ikan mas kecuali ukuran sisik yang lebih besar daripada ikan mas (Cyprinus Carpio) yang memang dari keluarga yang sama yaitu family Cyprinidae. Kemiripan inilah yang membuat orang-orang lantas menamakan Ikan Jurung sebagai Ikan Batak, padahal Ikan Batak Asli yang disebut Ihan adalah dari genus Neolissochilus spesies Neolissochilus thienemanniyang sudah menuju kepunahan yang memang ikan endemik di Tanah Batak dan sudah terancam punah dan masuk dalam Red List Status di IUCN (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources) dengan kode Ref.57073 sejak tahun 1996.

Kalau yang dimaksud adalah dari jenis genus Tor maka jenis ikan ini masih banyak dijumpai di berbagai habitat aslinya di Indonesia seperti di Tanah Batak (Sumatra Utara), Sumatra Barat, Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan, dan mungkin masih banyak ditemukan di daerah lainnya. Jadi pada dasarnya jenis ikan ini belum menjadi ikan yang terancam punah.


Dekke jurung-jurung
Ikan Batak yang dimaksud (genus Tor) bagi orang Batak sendiri dikenal dengan nama dekke Jurung-jurung atau Ikan Jurung. Secara umum Ikan Jurung ini disebut sebagai Ikan Batak karena di Tanah Batak lebih lazim digunakan dalam suatu prosesi adat sebagai simbol kesuburan dengan harapan kepada keluarga yang diberikan penganan dari Ikan Jurung-jurung ini akan berketurunan banyak, baik laki-laki dan perempuan dan mendapat rejeki sebagaimana perilaku Ikan Jurung-jurung tersebut yang sifat hidupnya membaur beriring-iringan.

Ikan Batak yang secara umum di Indonesia memiliki nama-nama lain di setiap daerah seperti: Ikan Jurung (Sumatra Utara), Ikan Kerling (Aceh), Iken Pedih (Gayo), Ikan Gariang (Padang), Ikan Semah (Palembang), Ikan dewa (Jawa Barat), Ikan Kancra bodas, Kencara (Kuningan Jawa Barat), Ikan Tambra, Tombro (Jawa), Ikan Kelah, Ikan Sultan (Malaysia), Ikan Mahseer (Internasional), dan mungkin masih banyak nama lainnya
sumber : http://www.fishwisepro.com, doloktolongsite
Read More
Manfaat Ikan Pora-Pora bagi Kesehatan

Manfaat Ikan Pora-Pora bagi Kesehatan


Berdasarkan informasi Kedutaan besar Republik Rakyat China (RRC), ikan pora-pora mengandung Omega 3 yang dapat meningkatkan pertumbuhan anak mulai dari gizi anak, mencerdaskan otak, selain itu meningkatkan HB darah. Ikan ini juga sangat baik dikonsumsi ibu hamil untuk meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui dan mencegah keropos tulang. ikan pora-pora mengandung lemak dan kalsium yang lebih tinggi dari ikan tawar atau ikan laut manapun, meski kandungan proteinnya lebih rendah.

Dari penelitian diketahui hasil protein ikan pora-pora basah 8,03 gr dan ikan kering 40,90 gr, kalsium ikan pora-pora basah 505 mg dan ikan kering 2,5 gr, serta untuk lemak ikan pora-pora basah 3,7 gr dan ikan kering 22,46 gr, maka hasil yang lebih rendah adalah ikan dalam bentuk basah.


disari dari berbagai sumber
Read More
Parapat di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon

Parapat di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon

Nama Parapat sudah tidak asing lagi bagi kita semua, ketika berbicara mengenai danau toba maka kota Parapat yang muncul pertama sekali. Ini dapat dimaklumi karena Parapat yang dijadikan sebagai pusat Wisata Danau Toba seperti pertunjukan Pesta Danau Toba, Dan di Parapat juga lah fasilitas-fasilitas yang mendukung wisata seperti Hotel, Permainan air dll.




Read More

bid

Popular Posts